Strategi Peningkatan Penjualan DRW Skincare di Pamekasan Melalui Sharia Ethical Marketing
DOI:
https://doi.org/10.30762/al-muraqabah.v5i1.2414Keywords:
Strategi, Pemasaran Syariah, Etika, Peningkatan Penjualan, SkincareAbstract
Sharia marketing merupakan salah satu konsep pemasaran yang berlandaskan pada Al-Quran dan hadist. Konsep ini menekankan pentingnya etika bisnis yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Penelitian ini secara khusus memfokuskan pada penerapan nilai akhlaqiyah (etika) dalam strategi pemasaran syariah sebagai pendekatan khas yang belum banyak dieksplorasi dalam studi sebelumnya. Fokus etis ini menjadi pembeda utama penelitian ini dari kajian terdahulu yang lebih menyoroti aspek umum pemasaran syariah. Penelitian dilakukan di DRW Skincare Pamekasan dengan tujuan untuk: (1) menganalisis strategi pemasaran berbasis nilai akhlaqiyah, dan (2) mengevaluasi dampaknya terhadap peningkatan penjualan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan owner, karyawan, dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan melalui media sosial secara konsisten menerapkan prinsip etika Islam seperti kejujuran (shidiq), keterbukaan (tabligh), dan tanggung jawab (amanah), serta menghindari praktik menjatuhkan produk kompetitor. Implementasi strategi yang berbasis nilai-nilai akhlaqiyah ini terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan selama tiga tahun terakhir.
References
Albanjari, Fatkhur Rohman, dan Nugraheni Fitroh Rezqi Syakarna. “Strategi Pemasaran Berbasis Digital Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Berpinsip Syariah Islam 1* Fatkhur Rohman Albanjari, 2 Nugraheni Fitroh Rezqi Syakarna.” MUSYARAKAH: Journal of Sharia Economics (MJSE) 2, no. 2 (2022): 109–20.
Alma, H. Buchari. Manajemen Bisnis Syariah. Jakarta: Alfabeta, 2016.
Arifin, Johan. Etika bisnis Islami: Cetakan Satu. Diedit oleh Ahmad Syifaul Anam. Semarang: Walisongo Press, 2009.
———. Etika Bisnis Islami. Semarang: Walisongo Press, 2019.
Austinnisa, F, dan F Ardyansyah. “Strategi Pemasaran Syariah dalam Meningkatkan Minat Nasabah.” Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam 6, no. 3 (2023): 52–62.
Huda, Nurul, Rizal Fahlevi, Badrussa’diyah, dan Dea Mazaya. Pemasaran Syariah: Teori & Aplikasi. Kencana, 2017.
Idris. Hadis Ekonomi Dalam Perspektif Hadis Nabi. Jakarta: Prenamedia Group, 2015.
Karishma, Yogiswara, dan Tika Widiastutik. “Etika Bisnis Islam Dalam Pengelolaan Bisnis Di Pesantren Mukimin Mandiri.” Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan 6 (2017).
Kholifah, Nur. “Sifat-Sifat Rasulullah yang Dijadikan Pedoman dalam Berdagang yang Halal.” Al-tsaman : Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam 3, no. 2 (2021): 29–34. https://doi.org/10.62097/al-tsaman.v3i2.656.
Malik, T. “Strategi Pemasaran Syariah Bank Muamalat Indonesia.” Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan 5, no. 2 (2022): 834–42.
Masyhudzulhak. Manajemen Strategi Pembangunan Daerah. Bengkulu: Lp2s, 2019.
Mubarok, Nurul. “Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista.” I-Economic 1 (2017).
Nisa, Ulfatin. “Strategi Pengembangan Usaha Pengusaha Batik Tulis Lasem.” UIN Walisongo, 2015.
Nitisusastro, Mulyadi. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta, 2015.
Nurhayati, Ami, dan Astriwati Astriwati. “Strategi Pemasaran Franchise Dalam Meningkatkan Pendapatan Dimasa Pandemi Covid 19.” YUME: Journal Of Management 4, no. 3 (2021). https://doi.org/https://doi.org/10.37531/yum.v4i3.1090.
PEREKONOMIAN, KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG, dan REPUBLIK INDONESIA. “Hasilkan Produk Berdaya Saing Global, Industri Kosmetik Nasional Mampu Tembus Pasar Ekspor dan Turut Mendukung Penguatan Blue Economy.” o3 Februari, 2024.
Putri, Mahilda Anastasia, dan Renny Oktafia. “Pendidikan Islam Dalam Berbagai Sudut Pandang.” Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance 4, no. 2 (2021): 431–44. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i2.70.
RIDHAWATI, RIA RESTI. “ANALISIS STRATEGI MARKETING SYARIAH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS PADA TOKO RABBANI SEMARANG.” UIN Walisongo Semarang, 2015.
Rizki Utami, dan Unun Roudlotul Janah. “Analisis Marketing Syariah Terhadap Strategi Pemasaran Keripik Tempe De Yati Madiun.” Niqosiya: Journal of Economics and Business Research 2, no. 2 (2022): 211–28. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v2i2.769.
Sakdiah. “Karaktertistik Kepemimpinan Dalam Islam (Kajian Historis Filosofis) Sifat-Sifat Rasulullah.” Jurnal Al-Bayan 22, no. 33 (2016): 29–49.
Sidik, 2018. “Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam” 53, no. 9 (2018): 1689–99.
Suindrawati. “Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan.” UIN Walisongo Semarang, 2015.
Sula, Muhammad Syakir, dan Hermawan Kartajaya. Syariah marketing. Mizan Pustaka, 2006.
Wahyuni, Novy Sri. “Strategi Pemasaran Pada Gerai 212 Mart Cabang Bengkulu Dalam Perspektif Ekonomi Islam", (Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Bengkulu 2015).” IAIN Bengkulu, 2015.
Yolanda, Eriza. “Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista.” UIN Raden Fatah Palembang, 2016.
Z, M. Septian Decky. “Strategi Pemasaran Home Industri Katering (Eka Lestari) dalam Meningkatkan Penghasilan Menurut Perspektif Ekonomi Syariah.” IAIN Madura, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fena Ulfa Aulia, Yanti Mala, Uly Mabruroh Halida, Ummu Kulsum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.












