Peran Competitive Advantage dalam Memediasi Pengaruh Product Innovation dan Islamic Market Orientation Terhadap Marketing Performance pada Pelaku UMKM Jenang Dodol di Kota Demak

Authors

  • Muhammad Rifai Syarif Hidayatullah Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Endah Nur Fitriyani Universitas Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.30762/al-muraqabah.v5i1.1571

Keywords:

Product Innovation, Islamic Market Orientation, Marketing Performance, Competitive Advantage

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh product innovation dan islamic market orientation terhadap marketing performance dengan competitive advantage sebagai variabel mediasi. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan sumber data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM jenang dodol di kota Demak sebanyak 70 responden dengan teknik sampel jenuh.. Hasil uji statistik menunjukan bahwa variabel product innovation, islamic market orientation dan competitive advantage masing-masing berpengaruh positif signifikan terhadap marketing performance. Sedangkan variabel product innovation berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap competitive advantage. Kemudian islamic marketing performance  berpengaruh positif signifikan terhadap competitive advantage. Dan competitive advantage tidak mampu menjadi mediasi pengaruh product innovation terhadap marketing performance. Namun competitive advantage mampu memediasi islamic market orientation terhadap marketing performance. Penelitian ini berguna untuk penelitian lebih lanjut serta dapat dijadikan rujukan bagi para pelaku usaha dan peneliti selanjutnya.

References

Ady Fataron, Zuhdan, Laily Nur Asyifa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. “Pengaruh Islamic Market Orientation dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Muslim di Jawa Tengah.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 8, no. 03 (2022): 2405–14.

Adyarta, Herlinda Yuniar, dan Elen Puspitasari. “Penggunaan Aplikasi Akuntansi Pada UMKM Kota Demak.” Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS) 4, no. 3 (2023): 934–41. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i3.3067.

Anderson, Juven, dan Nur Hidayah. “Pengaruh Kreativitas Produk, Inovasi Produk, dan Kualitas Produk terhadap Kinerja UKM.” Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan 5, no. 1 (2023): 185–94. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i1.22566.

Aniyati, Iin, dan Lilik Indayani. “Global Marketing Success: Market Orientation, Innovation, Competitive Advantage.” Academia Open 8, no. 1 (2023): 1–21. https://doi.org/10.21070/acopen.8.2023.3888.

Annastasya Meisa Putri, Aldilla Iradianty. “Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Dengan Perbankan Konvensional 2015-201.” Jurnal Mitra Manajemen 2, no. 4 (2018): 273–85.

Ernawati, Diah. “Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk.” Jurnal Wawasan Manajemen 7 (2019): 17–32.

Harjadi, Dikdik, Dewi Fatmasari, dan Ayu Siti Nurhasanah. “Market Orientation And Product Innovation To Increase Competitive Advantages And Its Impact On Marketing Performance.” Al-Amwal : Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari’ah 12, no. 1 (2020): 12. https://doi.org/10.24235/amwal.v1i1.5457.

Haryono, Tulus, dan Sabar Marniyati. “Pengaruh Market Orientation, Inovasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing.” Jurnal Bisnis dan Manajemen 17, no. 2 (2018): 51. https://doi.org/10.20961/jbm.v17i2.17174.

Iha Haryani, Hatta. “Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Pemasaran dan Kinerja Pemasaran.” Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM) 13, no. 4 (2015): 654–60.

Lestari, Rahayu, Tiara Pradani, dan Kumba Digdowiseiso. “The Effects of Digital Marketing, Entrepreneurship Orientation, and Product Innovation on Competitive Advantage and Its Impact on the Marketing Performance of Talas Bolu Sangkuriang in Bogor City.” Budapest International Research and Critics Institute-Journal 5, no. 1 (2020): 2081–87.

Nasution, Amalia Rahman, Annio Indah Lestari, Rahmat Daim Harahap, Universitas Islam, dan Negeri Sumatera. “18029-43473-1-Pb (1)” 8, no. 30 (2023): 486–504.

Oktavinus, Oktavinus, Sudirman Zaid, dan Hayat Yusuf. “Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran Pengolahan Rumput Laut Di Wakatobi.” Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) 5, no. 2 (2020): 211–27. https://doi.org/10.22487/jimut.v5i2.153.

Puspaningrum, Astrid. “Market Orientation, Competitive Advantage and Marketing Performance of Small Medium Enterprises (SMEs).” Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura 23, no. 1 (2020): 19. https://doi.org/10.14414/jebav.v23i1.1847.

Revitasari, Nova, Apriyanti, dan Rizal Ula Ananta Fauzi. “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada UMKM Kota Madiun).” Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi 4 (SIMBA) 4, no. September (2022): 1–22.

Rukminingsih, Gunawan Adnan, dan Mohammad Adnan Latief. Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53, 2020.

Sodik, Sandu Siyoto & M. Ali. Dasar Metodologi Penelitian. Diedit oleh Ayup. Cetakan 1. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Soemali, Ruth Natalia, Diah Dharmayanti, M Si, D Ph, Program Manajemen Pemasaran, Universitas Kristen Petra, dan Jl Siwalankerto. “Pengaruh Product Innovation, Product Quality Dan Brand Image Terhadap Customer Loyalty Dengan Competitive Advantage Sebagai Variabel Intervening Di Pt. Wijaya Indonesia Makmur Bicycle Industries Gresik” 2, no. 1 (2015).

Subagja, Iwan Kurniawan. “Pengaruh Inovasi Produk Dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Celana Merek Jeans Di Jakarta.” Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana 9, no. 1 (2021): 2338 – 4794. https://doi.org/10.35137/jmbk.v9i1.525.

Tika Damayani, Aries. “Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3, no. 2 (2019): 192–201.

Yasa, A.A Rai Narastika dan Ni Nyoman Kerti. “Peranan Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientation Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 19 (2020): 12.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Hidayatullah, M. R. S., & Endah Nur Fitriyani. (2025). Peran Competitive Advantage dalam Memediasi Pengaruh Product Innovation dan Islamic Market Orientation Terhadap Marketing Performance pada Pelaku UMKM Jenang Dodol di Kota Demak. Al-Muraqabah: Journal of Management and Sharia Business, 5(1), 40–59. https://doi.org/10.30762/al-muraqabah.v5i1.1571